Standar etis
merupakan fundamental. Etika adalah perilaku yang diterima masyarakat sebagai benar
atau salah. Maksudnya apakah boleh untuk mencuri, berbohong mereka akan
berfikir sendiri yang baik untuk dilakukan atau tidak itulah perbedaan antara
benar atau salah. Jadi, perilaku etis dimulai dari diri kita dengan anda dan
saya. Kita tidak dapat mengharapkan orang lain untuk menjadi lebih etis kecuali
kita sendiri sebagai individu berkomitmen untuk menjadi lebih etis.
Mengelola bisnis secara etis dan bertanggung
jawab. Segala kepercayaan dan koorperasi antara pekerja dan manajer
haruslah didasari dengan kejujuran, keterbukaan dan integritas moral.
Menetapkan standar Etis korporat. Dalam
hal tersebut kode etika dibagi atas dua kategori :
~ Kode etika berbasis kepatuhan adalah menekan
pada perilaku yang melanggar suatu hukum dengan meningkatkan kontrol dan member
sanksi pada yang melanggar.
~
Kode etis berbasis integritas adalah mendefinisikan nilai-nilai panduan
organisasi, menciptakan sebuah lingkungan yang secara etis mendukung perilaku
yang baik dan menekan akuntabilitas antar karyawan.
Kinerja sosial perusahaan memiliki
beberapa dimensi antara lain :
·
Filantropi korporat (meliputi sumbangan amal kepada semua
jenis kelompok nirlaba)
·
Inisiatif social korporat (bentuk lanjut dari filantropi
korporat)
·
Tanggung jawab korporat (tanggung jawab penuh terhadap
masyarakat)
·
Kebijakan korporat (merujuk pada posisi dimana perusahaan
pada isu social dan politik)
Audit sosial adalah sebuah
evaluasi sistematis dari kemajuan organisasi menuju penerangan program yang
bertanggung jawab dan responsive secara sosial.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar