Senin, 05 November 2012

MATERI 5 : MANAJEMEN, KEPEMIMPINAN, DAN PEMBERDAYAAN KARYAWAN



Manajemen adalah proses yang digunakan untuk mencapai organisasional melalui perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian orang dan sumber-sumber daya organisasional lainnya.
            Perencanaan meliputi antisipasi terhadap tren dan penentuan strategi dan teknik terbaik untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasional.
            Pengorganisasian meliputi perencanaan struktur organisasi dan penciptaan kondisi dan sistem dimana orang dan setiap hal bekerja bersama untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi.
            Kepemimpinan berarti menciptakan visi organisasi dan mengomunikasikan, membimbing, melatih dan memotivasi orang untuk bekerja secara efektif untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi.
            Pengendalian sebuah organisasi yang mengalami kemajuan terhadap tujuan dan sasaran, memberi ganjaran untuk orang yang melakukan pekerjaan yang baik.
            Visi adalah penjelasan yang luas atas mengapa organisasi tersebut eksis dan kemana arah yang dituju organisasi tersebut.
            Misi adalah uraian mengenai tujuan mendasar dari sebuah organisasi .
            Ada sebuah pernyataan misi yang disinggung :
Ø Konsep diri organisasi
Ø Filosofi dan tujuan perusahaan
Ø Daya tahan jangka pendek
Ø Kebutuhan pelanggan
Ø Tanggung jawab social
Ø Sifat dari produk atau jasa perusahaan
Analisi SWOT menjelaskan analisis dari kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman organisasi.
Bentuk-bentuk perecanaan :
a.     Perencanaan strategis menentukan tujuan utama organisasi.
b.     Perencanaan taktis proses mengembangkan jangka pendek mengenai apa yang harus dilakukan, siapa yang melakukan dan bagaimana cara melakukan.
c.      Perencanaan strategis adalah proses untuk menentapkan standar dan jadwal kerja yang diperlukan untuk menerapkan sasaran taktis perusahaan.
d.     Perencanaan kontigensi adalah proses tindakan alternatif apabila rencana utama tidak mencapai sasaran organisasi.
Pengambilan keputusan adalah memilih dua alternatif atau lebih. Sebuah manajer mengambil keputusan memiliki beberapa langkah-langkah antara lain :
1.     Mendefinisikan situasi
2.     Mendeskripsikan dan mengumpulkan informasi yang dibutuhkan
3.     Mengembangkan alternatif
4.     Mengembangkan persetujuan diantara yang terlibat
5.     Memutuskan alternatif mana yang terbaik
6.     Melakukan apa yang diindikasikan
7.     Menentukan apakah keputusan tersebut adalah keputusan yang baik dan melanjutkan.
Manajemen puncak terdiri atas president dan eksekutif perusahaan penting lainnya yang mengembangkan rencana strategis.
Manajemen menegah yang terdiri dari general manager, kepala divisi dan manajer cabang dan pabrik.
Manajemen penyelia yang meliputi langsung bertanggung jawab untuk mengawasi dan mengevalusi pekerja setiap harinya.
Tiga kategori keterampilan yang harus dimiliki seorang manajer :
1.     Keterampilan teknis
2.     Keterampilan hubungan manusia
3.     Keterampilan konseptual
Gaya kepemimpinan yang dimiliki seorang manajer adalah :
                                i.            Kepemimpinan otokratis melibatkan pengambilan keputusan manajerial tanpa berkonsultasi dengan orang lain.
                              ii.            Kepemimpinan partisipatif (demokrasi) melibatkan manejer dan karyawan berkerja sama dalam mengambil keputusan.
                            iii.            Kepemimpinan free rein melibatkan manajer untuk mencapai sasaran tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar